Free Blog Templates

Senin, 18 Mei 2009

Samba Server

Samba merupakan serangkaian aplikasi unix yang berkomunikasi dengan protokol Server Message Block (SMB), yang dikembangkan oleh Andrew Tridgell yang selanjutnya sampai saat ini banyak dibantu oleh para programmer di internet dengan tetap di supervisi oleh Andrew Tridgell. SMB adalah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharinga file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Samba server memungkinkan komputer-komputer Unix/Linux melakukan sharing file dan printer dengan komputer windows bukan hanya dengan komputer-komputer Unix/Linux sendiri. Beberapa fungsi yang disediakan Samba server, yaitu sebagai berikut:
• Sharing file/direktori antar Unix/Linux dengan windows client
• Sharing printer pada Samba server dengan windows client
• Memudahkan proses network browsing
• Menyediakan proses Autentikasi komputer windows client ketika login ke Windows domain
• Menyediakan dan membantu proses netbios nama resolution dengan Windows Internet Name Service (WINS) name-server resolution
Sebagaimana telah disebutkan bahwa Samba merupakan serangkaian aplikasi yang juga meliputi aplikasi client maka samaba juga menyediakan tools client untuk memungkinkannya beberapa user pada system Unix/Linux mengakses direktori dan printer yang terdapat pada system windows dan Samba server malalui jaringan. Selain tools client, pada Samba juga terdapat bebrapa palikasi server, diantaranya yaitu: smbd dan nmbd.
• smbd adalah aplikasi server atau daemon yang menangani proses sharing file/direktori dan printer, juga menangani proses autentikasi dan otorisasi SMB client.
• nmbd adalah aplikasi atau daemon yang menudung Netbios name service dan WINS, yang juga membantu proses network browsing pada windows client.
Samba didistribusikan sebagai open source dengan lisensi GPL (GNU Public Licence)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ketikkan komentar anda (bad)